Cara Mencari NISN


Selasa, 14 Agustus 2012

NISN - NISN atau Nomor Induk Siswa Nasional adalah wajib hukumnya bagi seorang siswa dari siswa Sekolah Dasar Hingga Sekolah Menengah Atas dan sederajat,hal ini sesuai dengan aturan Permendiknas No. 38 Tahun 2008 "tentang Pengelolaan Teknologi Informasi dan Komunikasi Depdiknas",dan   Permendiknas No. 36 Tahun 2010 "Tentang Organisasi dan Tata Kerja Kemdiknas" dimana NISN bertujuan untuk :
  1. Mengidentifikasi setiap individu siswa (peserta didik) di seluruh sekolah se-Indonesia secara standar, konsisten dan berkesinambungan.
  2. Sebagai pusat layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara online bagi Unit-unit Kerja di Kemdiknas, Dinas Pendidikan Daerah hingga Sekolah yang bersifat standar, terpadu dan akuntabel berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terkini.
  3. Sebagai sistem pendukung program Dapodik dalam pengembangan dan penerapan program-program perencanaan pendidikan, statistik pendidikan dan program pendidikan lainnya baik di tingkat pusat, propinsi, kota, kabupaten hingga sekolah, seperti: BOS (Bantuan Operasional Sekolah), Ujian Nasional, Pangkalan Data dan Informasi Pendidikan, Sistem Informasi Manajemen Sekolah hingga Beasiswa.
maka dari itu sobat dapat mencari NISN tersebut dengan cara :

1. Silahkan kunjungi langsung situs http://nisn.data.kemdiknas.go.id/Siswa/Data

2. Klik tab "Pencarian berdasarkan Nama", dan akan terlihat seperti tampilan pada gambar dibawah ini :

3. Ketikkan "Nama Siswa", "Tempat Lahir", dan "Tanggal Lahir", kemudian klik tombol "Cari".

Bila teman-teman melakukannya secara benar, maka yang teman-teman cari seketika akan keluar. Dan demikianlah sekilas informasi cara mencari NISN . Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

0 komentar: